15 Januari 2012

Cacar yang Galau atau Impetigo nan Minder?


“Sehat itu Mahal”, tapi sakit itu juga ga kalah mahal menurutku, he he… Coba deh, sekali ke dokter aja habis berapa, belum lagi obatnya… Ga kurang 300 ribuan tuh kalo ke dokter spesialis..

Di perusahaan tempat si Ayah kerja yang sebelumnya, kami tenang-tenang aja kalo sakit ga pake mikir langsung ke dokter atau rumah sakit karena 75% biaya pengobatan ditanggung company dan sisanya ditanggung karyawan. Walopun ada juga perusahaan yang menanggung 100%, tapi dengan kondisi -bagi dua- gitu, udah enak lah, no big deal..

Sekarang yang kami punya hanya kartu JPK Jamsostek yang akoe ga tau sebesar apa nilai perlindungannya. Sepertinya sih agak minim yah…  Itupun salah data di kartunya, tercantum pelayanan kesehatan kami ada di kawasan Jakarta. Gimana ceritanya orangnya ada di Samarinda, dokter yang ditunjuk ada nun jauh di sana. Udah minta tolong company buat ngurus tapi sampe sekarang kartu baru yang direvisi belum juga kami terima L

Sehari setelah sampai di Labanan, Dinar demam pas tidur malam dan jadi rewel sekali. Pertama akoe pikir karena mau pilek, waktu itu hujan seharian dan cuaca jadi dingin banget.. Ga bawa stok obat panas, jadi akoe kasi Dinar “dopping” andalan, Stimuno. Akoe memang sering ngasi Dinar pake Stimuno kalo ujung-ujung tangan dan kakinya terasa lebih hangat dari biasanya, dan setelah dikasi biasanya besok udah ok..
Bertahan semalaman sambil berdoa ga putus-putusnya semoga demamnya ga tambah tinggi. Ga pake dikompres karena akoe ga bawa waslap/saputangan handuk dan ga enak mau minta sama Mbah, udah pada tidur soalnya... Dinar ada riwayat kejang demam, yang kejadiannya dulu sungguh bikin jantung ini serasa melorot ke kaki saking kagetnya... Jadi, setiap Dinar demam yang ada akoe langsung ketar-ketir takut kalo terulang lagi kejadian yang dulu itu.. Hiiiihh, amit-amit..

Besok paginya akoe langsung bergerilya nyari obat penurun panas, ke warung-warung terdekat. Dinar sendiri masih terlelap setelah semalaman ga bisa tidur. Alhamdulillah dapet merk yang biasa akoe sediakan di rumah sebagai stok jaga-jaga kalo Dinar demam, dan beli juga satu plester kompres demam.

Seharian dipantau terus panas tubuhnya, menjelang sore ternyata mulai reda demamnya. Tapi di kulitnya mulai muncul bercak kemerahan yang menyebar di sekitar mulut, kaki, tangan dan punggung. Dulu juga pernah kejadian begini, campak. Tapi, akoe baca di sumber Google, campak hanya terjadi sekali seumur hidup. Kalo betul, dulu itu campak berarti yang sekarang ini apa, kalo yang sekarang campak dulu itu apa dong??? (Sengaja mau bikin pusing yang baca, hi hi..)


Di hari ke-2 setelahnya, panas tubuh Dinar sudah normal. Hanya di ujung-ujung jari tangan dan kaki masih terasa hangat. Bintik kemerahan semakin banyak dan terlihat jelas. Tapi, yang mengkhawatirkan adalah muncul bintik yang lebih besar dan berisi cairan di sekitar pantat dan sela-sela paha. Baru kali ini akoe liat yang model begini… Kulit Dinar jadi keliatan jelek banget…

Akoe ajak Dinar ke Puskesmas untuk berobat. Dapet 5 macem obat, ada cairan Gentian Violet untuk sariawannya, Antibiotik untuk radang tenggorokannya, Salep untuk brintilan di kulit dan puyer, serta tablet putih kecil yang akoe ga sempet nanya tadi apa karena Dinar terus-terusan nangis karena banyak orang ‘asing’ di sana..

Dari sekian banyak obat yang dikasi dokter akhirnya akoe cuma kasi antibiotik untuk radang tenggorokannya. I know, I know, radang tenggorokan bukan disebabkan oleh bakteri yang perlu pengobatan dengan antibiotik. Tapi, beberapa kali Dinar kena radang tenggorokan akoe pernah bertahan dengan vitamin dan istirahat untuk memulihkan daya tahan tubuhnya, tapi ga berhasil. Ujung-ujungnya mesti menyerah pada antibiotik dan emang sembuh sih… Gimana dong??

Bukan, bukan juga karena ngerasa sok pandai sampe berani memutuskan seperti itu, akoe hanya melindungi Dinar dari pengobatan yang tidak perlu. Buat apa ngasi seabrek obat kalo sebenarnya semuanya bisa diatasi dengan daya tahan tubuh yang baik. Sebaik-baiknya obat punya efek samping buat tubuh,  that’s why, akoe memilih untuk meminimalisirkan efek tersebut dengan hanya memberikan obat yang perlu untuk dikonsumsi anakku.

Puyeng sama keadaan Dinar, Emak pun langsung sibuk browsing sana-sini untuk cari tahu apa penyakit yang sebenarnya menyerang anakku tersayang. Dapetlah beberapa ‘tersangka’ sesuai dengan ciri-ciri yang ada, tapi ga pas banget, jadi tambah pusyiing…

Jadi, dibilang cacar kok hanya ada di bagian pantat, kan biasanya seluruh tubuh. Dibilang Impetigo kok bintilnya kecil, penampakannya berbeda dari yang ada di Dinar. Akoe ga tahan banget liat kulit anakku yang biasanya terang jadi butek gitu, akhirnya akoe bawa lagi Dinar ke dokter, kali ini ke tempat prakteknya langsung. Dokter yang sama waktu di Puskesmas, yang akoe sebenarnya ga terlalu sreg.. Dokter muda yang mungkin usianya sepantaran akoe, tapi bukan lantaran itu akoe trus ga sreg looo.. Ibu dokternya terlalu “ramai” dan buatku do’i jadi terlihat bingung sendiri dengan langkah penanganannya terhadap Dinar.

Do’i menyimpulkan bahwa Dinar terkena Impetigo dan memberikan pengobatan dengan tablet antiviral  dengan dosis yang katanya ekstrim. “Ga papa kan bu, kita coba pengobatan yang agak ekstrim?” dalem hati akoe bilang, “lah mana gw ngerti, yang dokter kan elu.. kok pake nanya gw..”  Dokter yang ga pede kayanya… Perlu tambahan keyakinan dari pasien untuk ngasi tindakan.

Terasa menakutkan melakukan pengobatan untuk anak dengan diawali hal-hal yang kaya gini.. Tapi, Bismillah, akhirnya akoe tetap memutuskan untuk memberikan obat antiviral tersebut sesuai dosis yang disarankan si ibu dokter.

Alhamdulillah… Pelan tapi pasti, bintik mulai berkurang. Semburat merah di kaki dan tangan mulai menipis. Hari ini, bintik yang agak besar di daerah pantat masih ada bekasnya, makin hari semakin menghilang. Kulit Dinar keseluruhan sudah kembali sehat dan terlihat bersih.

Fffiuhhhh, jangan sakit-sakit lagi ya, Nak… Daripada buat beli obat, mending uangnya kita pake buat jalan-jalan keliling dunia…

Setuju???

0 komentar:

Our Wedding

Our Adorable Princess