9 April 2012

Cerita Siaran I

Pengen cerita tentang pekerjaan yang pernah kujalani sejak tahun 2002-an, masih jaman kuliah tingkat 2... Mahasiswa yang mau belajar cari duit sendiri dan menimba pengalaman hidup dengan bergabung bersama Radio PARAS (Parapa Raswana), ceritanyaaaa... Dari SMP sudah suka dengerin lagu-lagu di PARAS dan selalu suka sama gaya para penyiarnya yang 'berkelas', ada tehnik lah, bukan asal ngomong dan ngecap ga jelas..

Awalnya bikin rekaman suara di kaset, dengan perlengkapan alakadarnya, hasilnya daku sukses ditolak sama Da BigBoss YTH. Rony Hafiedz, huhu... Katanya suara yang kupunya itu tipis.. Well, that's ok.. Mau bilang apa?? Mungkin nasibku cuma bisa jadi "Kerabat PARAS" sajahhh...

Beberapa waktu kemudian, Erny, one of my friend di kampus minta temenin buat nganterin surat lamaran, dia naksir juga ternyata mau jadi penyiar di PARAS. Sempet nolak karna malu dateng ke Rambutan 5 lagi, tapi ga inget gimana ceritanya akhirnya kita berdua pergi kesana. Ketemu sama Kepala Siaran waktu itu, Paras Siar 049 Johan Syahputra dan entahlah gimana persisnya waktu itu kejadiannya, tau-tau kok daku diikutkan buat seleksi penyiar baru.. Ada 5 orang, termasuk daku yang sama-sama belajar tentang teknik siaran, yang ternyata emang bener ga segampang yang dibayangkan, bukan asal njebret ngomong..

Emang dasar rejeki, ga kemana ya.. Setelah 3 bulan training, finally daku seoranglah yang berhasil diterima dan diberikan nomor id 062, Anna Aditya, karena ceritanya jaman dulu suka sama VJ Jamie Aditya, wkwkwk..

Jadilah di sela-sela waktu kuliah yang emang ga terlalu padat karena cuma ngambil D3, daku menjalani karier (Ececehhh..) sebagai penyiar radio. Banyak kenangan sama temen-temen, apalagi pas bulan puasa, bela-belain nginap di studio karena dapet jatah siaran acara subuh buta, jam 2-4.. Terasa lebih dekat sama temen-temen terutama yang seangkatan masuknya, kaya Said HusseinEdwin WardanaDya Desita,  Mayang (Nisa Aziz), Erwin, adehhh top deh kalo udah ngumpul... Sama yang belakangan masuk juga klik, Rindu, adenya Rindu, si Ade dan Donna.

Sayang ga ada sebijik fotopun yang kami bikin, ga kepikiran euyyy!! Maklumlah, masih anak kuliahan yang jaman dulu hp masih low end, ga ada kameranya, huhu... Kamera pocket, kaga ada bro!!

Kebanyakan masih keep contact sama temen-temen senasib yang hobi banget 'berkicau' ini, tapi ada juga yang lose kaya si Mayang. I know dia masih di Samarinda sini-sini jugak, tapi nomor hp udah ga punya, rumahnya ga inget sebelah mana di daerah Sungai Kunjang sana... Ada sekali ketemu di SCP, McD, tapi ga inget pun buat minta nope atau emailnya, haishhhh...

Selama bertugas, daku beberapa kali kebagian jatah interview sama artis-artis penyanyi yang datang buat konser di Samarinda.  Band Samsons, Kerispatih, Ressa Herlambang dan Nia Ramadhani, ummmm, siapa lagi ya?? Ingetnya cuma itu sih..

Lagi-lagi ga punya selembar fotopun sama mereka, karena waktu itu, bisa live interview aja udah hebattt bangettt rasanya... Udah cukup puas bisa ngobrol langsung, gitu deh... Sekarang baru nyesel, ga ada kenang-kenangan buat anak-cucu..


Beginilah studio PARAS, versi baru, kalo waktu pertama kali masuk dulu pas masa training mah engga begini... Copas dari Google, entahlah foto siapa yang berdua tuh.. Kalo yang di "wilayah" announcer itu si Novi Umar, pencipta lagu Jadikan Aku Yang Kedua-nya Astrid..
Dia masuk agak lambat, waktu itu PARAS sudah agak sepi karena banyak penyiar yang sudah ga terlalu aktif lagi, sudah sibuk masing-masing... Tapi dia cs-nya sama JoeBang Iyan, dan yang seangkatan, kompak main musik...

Pernah sekali waktu pas lagi siaran malem, jam 7-9, ada tamu dateng.. Kalo ga salah ga lama setelah masa training selesai. Fans lah ceritanya, hohoho.. ternyata dia cuma mau curhat tentang masalah dia sama ceweknya.. Agak takut juga sih karena berhadapan sama orang asing, cepet-cepet minta temenin sama Mba Sum. Orang kuat di PARAS, kihkihkih... Untunglah dia beneran cuma mau curhat, tapi kannnn sapa gueeeee gitu.. hehe...

Rindunya masa-masa siaran...

0 komentar:

Our Wedding

Our Adorable Princess