22 April 2012

Tempe Bacem

Minggu pagi nan mendyung..
Udah beberapa hari terakhir cuaca begini di Samarinda, tapi di pagi hari aja mendung menggantung, menjelang siang ntar matahari bakalan kinclong, sik-asiiikkk.. jemuran kering deh...

Tadi pagi bangun tidur langsung ngecek berat badan terkini. Alhamdulillah, tercatat 58,2kg.. Progress yang lambat ya, demi mencapai berat badan ideal.. abis gimana dong, semalem mendadak pengen pizza dan kok ya kebetulan ada sisa 1 potong pizza beku di freezer..  Ya, menyerahlah daku pada kenikmatan duniawi, muahaha...

Pengen posting soal makanan khas Indonesia, bergizi dan murah meriah yaitu tempe dan tahu. Ini salah satu bentuk olahan tempe-tahu yang praktis untuk menemani sepiring-dua piring nasi hangat. Pas bikin ini cuma pake tempe jadi perkenalkan namanya adalah Tempe Bacem.

Buat orang Jawa, ini adalaha menu kebangsaan selain kerupuk, sebagai keturunan Jawa, dan punya suami orang Jawa, maka komplitlah alasan kenapa daku maniak pada tahu-tempe.
Apalagi selama masa menuju goal berat badan ideal, tahu-tempe adalah menu yang tersering dimasak. Kadang digoreng dengan rendaman bumbu bawang putih, ketumbar, garam, atau bisa dimasak dengan bumbu merah ala Masak Habang Banjar atau bisa juga ala Bistik sederhana. Eh, Kering Tempe juga enak dicemil, ha ha diet kok ngemil...

Resep ini adalah versi daku ya, berdasarkan proses trial and error di lapangan eh, dapur.. Ga ada yang ngajarin, jadi belajar sendiri prakteknya, kalo resep sih curi-curi pandang di Google. Seperti biasa ga ada takaran, silahkan liat saja foto dibawah, dengan bumbu segitu bisa untuk 1 keping tempe ukuran sedang..

Asem Jawa-nya dikurangin separo dari gambar di atas ya, kemaren udah terlanjur difoto baru feeling kok kayanya over deh si Asam Jawa, ntar kuat rasa asem, ga enak juga. Harusnya, rasanya balance, ada gurih, manis, dan asem yang tipis menggoda. Apa seeeehhh???? :)

Bumbu dihaluskan, (pake ulekan cap tangan lebih asoooyyy, sekalian excercise lengan, hihi..), tumis sebentar lalu masukkan tempe/tahu/ayam disusul air kelapa/nyiur, sampe bahan utama terendam oleh air kelapa. Masak dengan api sedang/kecil, jangan api besar karena mengakibatkan air kelapa terlalu cepat menguap sementara rasa belum merasuk si tempe, ini pengalaman, ternyata rasanya beda.. Kurang endang menendang... Maaf, yang namanya Endang :p

Sambil menunggu air susut, tempe bisa sesekali dibolak-balik. Kalau pake tahu, sebaiknya 2x maksimal diaduk buat meratakan bumbu, karena tahu cenderung lebih lembut, beresiko hancur kalo dibolak-balik melulu.
Jangan lupa tambahkan kecap manis dan cek rasa saat air sudah menyusut kira-kira separo dari ukuran awal memasak. Jangan cek rasa saat awal memasak, karena saat air menyusut, itulah rasa sebenarnya. Hedeh, gimana menjelaskannya yak.. Gini, kalo rasa udah ok saat awal memasak, nanti saat air menyusut, dia akan jadi terlalu berasa, lebih asin biasanya. Ga masalah kalo emang mau hasil akhir yang salty, tapi kalo boleh menyarankan supaya hasil akhir didapat tempe dengan rasa yang balance, lebih baik cek rasa saat air sudah tinggal sedikit di wajan/panci.


Setelah air rebusan tempe menyusut, matikan api. Siap untuk digoreng, dan disantap dengan sambel tomat, plus lalapan sayur-mayur. Tapi, ada juga beberapa orang yang suka makan langsung, ga perlu repot digoreng lagi. My MIL dan seorang sepupu, contohnya, lebih suka langsung dimakan tanpa digoreng. 

Perannya pun berganti menjadi cuma sebagai cemilan, bukan lauk yang dimakan sama nasi. Macem-macem selera deh.. yang penting kalo udah masak, trus orang lain senang hati makan, waaahhh ilang semua capek saat bersilat di dapur...

Tempe Bacem lebih endang (ada apa dengan si Endang, sih ah???) kalo dimakan hangat jadi biasanya daku bikin stok agak banyak buat disimpan di kulkas. Anytime mau makan, baru digoreng... Syedaaaapppp!!!

0 komentar:

Our Wedding

Our Adorable Princess