23 April 2012

Pregnancy Stories Part I

Salah satu tujuan dari membuat ceritAkoe adalah untuk mengabadikan secara tertulis dan tersurat tentang perjalanan hidup dan suara hati saya sebagai perempuan yang menjalani peran sebagai istri solehah dari seorang suami yang terbaik di mataku, ibu dari seorang anak gadis bernama Dinar dan merangkap juga sebagai akuntan, kasir, chef masak-masak, petugas cleaning service, penjaga rumah 24/7, dan off course toddlersitter..

There's a lot of story sehari-hari yang harusnya bisa dijadiin entry di sini, tapi kalau sudah datang si "M" alias MUALESSS, jadilah story tersebut berlalu begitu saja, hu hu... Sayang banget... 

Hari ini mau cerita tentang pengalaman pas mengandung anak pertama, my adorable Dinar... Mumpung semangat inih, ntar dateng males lagi, bahayaaaa..

Well, setelah daku dan suami menikah tanggal 11 Oktober 2008, beberapa hari kemudian emang daku kedatangan "tamu" seperti biasa setiap bulannya. Kata orang, alamat bakalan cepet "jadi" karena pas masa subur apa gimana gitu, ga ngerti juga penjelasan secara ilmiahnya bagaimana.. 

Sekitar seminggu abis nikah, sang pasangan pengantin baru pun boyongan ke daerah pedesaan nan permai Bengalon, Kab. Kutai Timur. Sekitar 6 jam perjalanan terguncang-guncang karena kondisi jalan yang ngalahin permukaan bulan, (emang pernah ke bulan, cyyyynnnn???) dari Samarinda. 

Sudah menjadi komitmen dan perjanjian tidak tertulis antara kami, bahwa daku akan mengikuti suami tercinta yang waktu itu bekerja di PTDH. Istri solehah, kaaaannn... Ahaks!! Waktupun bergulir tak terasa dalam kebahagiaan menjalani peran baru sebagai istri, (kata-kata minta ampun gayanya..) dan bulan berikutnya, sang "tamu" yang ditunggu ga juga datang. Sudah berdebar-debar, dalem ati "Ah, masa sih??", "Yang beneeer??", "Sumpeh looo?????" dan kalimat-kalimat serupa yang silih berganti muncul di benak ini. 

Saat testpack menunjukkan dua garis, dada ini seakan meledak karena silikon pecah kebahagiaan luar biasa.    Waktu itu cuma sendirian di rumah karena suami masuk kerja siang, mesti nunggu sampe pulang ntar malem baru bisa berbagi kebahagiaan. Ga seru mak, kalo beliau dikasi tau lewat telpon... kan, kan, kan???

Masih inget ekspresi my dear husband pas daku sodorin testpack dengan 2 garis tersebut, senyum-senyum agak melongo dikit karena ga ngerti apa arti 2 garis tersebut, hi hi.. "Selamat, mas sebentar lagi mau jadi ayah..." baru deh, senyum lebaaaaarr sampe ke kuping... :p

Memang luar biasa kemudahan bagi kami untuk mendapatkan anak pertama, nyaris tanpa usaha berarti, he he.. Tapi, sungguh babak baru sebagai ibu hamil bukan sesuatu yang sangat indah seperti di iklan-iklan susu untuk ibu hamil. Kenyataannya, mabuk yang lumayan parah harus dijalani dengan sabar. Bayangin deh, kalo dikau mabuk di perjalanan, mumun dan jackpot berulang-ulang, lemes dan kuyu karena kecapean mumun terus, bedanya di perjalanan hanya hitungan jam dan hari, setelah sampe di tujuan semuanya akan membaik, tapi mabok hamil bisa berbulan-bulan!!

Ga ada jaminan bahwa mabok akan berhenti kapan, karena kondisi tiap perempuan akan berbeda bahkan untuk orang yang sama, kehamilan pertama dan berikutnya bisa berbeda kondisinya. Maha Suci Allah... Dengerin omongan tetangga, bahwa mabok akan hilang menjelang 4 bulan, tapi ternyata ga berlaku padaku tuh... Masuk bulan ke 6, barulah rasa mual dan mumun itu perlahan memudar dan saat itulah daku balas dendam bisa makan enak tanpa mikirin rasanya saat keluar lewat mumun lagi.. Sebelumnya emang daku menghindari makanan dengan rasa yang tajam dan berbumbu kuat karena pas jackpot rasanya bakal luar biasa amburadul...


Inilah diantaranya yang menemani daku saat mabok melanda... Minyak kayu putih emang selalu digenggam, anytime mual dateng, langsung tumpahin aja di daerah perut, tengkuk dan dicium-cium wangi pedesnya. Lumayan buat mengurangi mual. Ga inget berapa botol yang dihabiskan selama masa-masa mabok bae ini, yang jelas, BANYAK!!

Karena sangat sedikit jenis makanan yang bisa masuk, termasuk jadi benci setengah mati sama nasi, jadilah daku cuma bisa ngemil makanan ringan. Soyjoy, kacang pistachio dan kismis yang khas dari Arab yang khusus diimpor dari Samarinda, kalo laper tinggal cemil dikit-dikit.. Persediaan cemilan emang distok khusus. Dulu juga pengen banget Anak Mas, mie kering yang bisa langsung dimakan. Udah ga diproduksi lagi ternyata, padahal udah kebayang bungkusnya yang warna gold itu.. sebagai peran pengganti dikirimin sama my mom, Mie Gemezzz... Sedapnyaaaa... walopun cuma berani sedikit banget naburin bumbunya, karena ga bagus kesehatan janin. Thanks mom!!

Mood swing juga dahsyat pas hamil ini, mungkin karena cape sama mual yang ga ilang-ilang, jadilah emosi susah dikontrol. Yang jadi korban  siapa lagi, suami lahhh.. Dipikir-pikir, kesian juga beliau. Udah capek pulang kerja, makanan ga ada even nasi sekalipun, masih dimarah-marahin pulak... Lagipula sebenernya kan saat itu masih waktu asimilasi bagi kami berdua, hal-hal yang sebelumnya ga terekspose perlahan muncul dan beberapa diantaranya memicu kebetean. Alhamdulillah, tertatih tapi kami bisa melewatinya...

Sekarangpun, si Ayah masih inget banget kejadian pas baru pulang kerja dan daku sudah ngamuk-ngamuk karena (in my opinion) beliau ga ngerti betapa menderitanya daku karena sangat kelaparan, tapi mau makan ga bisa coz keduluan mual. Mbok ya, istrinya ini ditanyain gitu "mau makan apa, say?", apa diajakin cari makan apa gitu, ditawarin alternatif makanan apa yang kira-kira ga bikin mumun... Tapi, ga satupun yang dilakukan, hu hu... Beliau pun terbengong-bengong dan hampir naik juga emosinya karena udah cape kerja, baru pulang disambut istri gendut yang mukanya pecah seribu, masam semasam-masamnya...

Eh, bersambung yaaaaa....

0 komentar:

Our Wedding

Our Adorable Princess