3 Mei 2012

Rujak Jeruk Bali

Assalamualaikum, wr,wb...
Manusia ni memang kadang-kadang susah dimengerti perangai dan kelakuannya. Berulangkali menyakiti hati orang walaupun menyadari tapi tak mau mengubah sifat jelek.. Duh, semoga Allah membimbing kita semua.. Sebab rasanya "percuma" dan sia-sia kita menjalankan perintah Allah, tunggang tunggit sholat dan berniat jadi hamba yang baik tapi kerap membuat orang di sekitar sedih dan tersinggung. Harus seimbang antara berbuat baik kepada Allah dan sesama makhluk hidup itu baru betul..

Ededeh, bukan mau menyinggung siapa-siapa, justru mengingatkan diri sendiri. Harus lebih sabar dan banyak tersenyum bahkan saat orang berbuat hal-hal yang menyebalkan.. Huhu, susah mak.. Banyak-banyak istighfar mulai sekarang, Insya Allah bisa.. :)

Ok, stop.. Mari ganti topik yang lebih asik..


Naaaa, inilah buah Jeruk Bali atau biasa juga disebut Limau Bali. Penampilan dan rasa buah Jeruk Bali begitu menggoda, walaupun sebenernya kebanyakan akan mempunyai rasa yang agak tawar, ga manis dan ada sedikit asem samar-samar, tapi ada daya tarik tersendiri yang entah apa mampu bikin daku menyukainya. Entah kalo orang lain, xoxo..

Mungkin imbas kenangan yang mendadak muncul  kala  daku masih bocah ileran dan ingusan, kalo Bapak beli buah Jeruk Bali, pasti dibikinkan mainan kapal-kapalan dari kulitnya. Senangnya punya mainan yang walaupun peyot dan miring-miring tapi daku melihat sendiri proses pembuatannya, dalam hati "hebatnya bapakku ini..!!" 

Jeruk Bali ni agak susah jaman sekarang ditemui, jadi begitu Bapak bawa pulang ke rumah 2 buah,  (Lopat, kenapa beli 2 aja, pak..??) Waaaaaa.. langsung nungguin buahnya dikupas (malas eh mau ngupas-ngupas gitu...) daaaan, siap "berkreasi" dengan daging buahnya yang segar. 

Isi buah ditaruh di mangkok atau piring, kecrotin kecap asin, perasin jeruk nipis, taburi gula dan cincangan cabe rawit. Aduk rata, cek rasa. Kalo sudah pas rasa asin, manis, asem dan pedesnya sesuai selera, simpan di kulkas dulu beberapa waktu, karena Jeruk Bali ala rujak ga jelas ini rasanya semakin endang kalo dimakan dingin-dingin..


Di foto ga pake cincangan cabe rawit, lagi ga punya stok di kullkas, hehe.. Abis sekali hadap aja tuh.. Abis tu cepat-cepat minum Mylanta.. Takut maag kambuh  sodara-sodara... Timbul segala vertigo nanti, hah refoootttt...

0 komentar:

Our Wedding

Our Adorable Princess