29 Mei 2012

Melahirkan Dinar, Part 1

Assalamualaikum..
Dulu kan sudah pernah cerita tentang masa-masa kehamilan Dinar, disana dan disono kok nggantung ya ada cerita hamil tapi ga ada cerita brojolnya.. Hari ini baru dateng mood bernostalgia mengenang masa-masa penuh perjuangan dulu. Maka di entry kali ini daku akan paparkan kejadian sekitar 3 tahun yang lalu itu. Aikkk, kenapakah ada rasa geli kalau menulis kalimat dengan bahasa baku kaya di buku-buku ilmiah?? Langsung senyum-senyum rasa GELI. Geli karena apakah?? *bolak-balik tepuntal-tepelilit

Beberapa hari sebelum Dinar lahir daku sempet "bisik-bisik" ke beliau, minta supaya kalo mau lahir ditemenin Ayah silahkan brojol pada tanggal 14,15, atau 16 karena di tanggal itu Ayah ada di Samarinda. Sejak kandungan 7 bulan daku memang sudah stay di Samarinda, karena terlalu takut mau melahirkan di Bengalon. Fasilitas disana sangat tidak lengkap. Jadilah si Mas tersayang mesti bolak-balik kerja dan jengukin sang istri yang makin hari main gendut aja. Terakhir cek ke dokter, berat badan sekitar 68-69kg. Dengan tinggi yang cuma 155, mohon jangan dibayangkan betapa gendhutnya daku. 

Tanggal 13 malem, sudah muncul rasa ga nyaman. Mas udah dateng dari Bengalon. Rasa mau poop tapi setiap ke toilet, ga ada apapun yang keluar. Masih bisa tidur dengan nyaman, sesekali terbangun karena hasrat pengen poop, tapi karena tau bakalan ga ada apa-apa jadi sukses diabaikan. Mending bobo aja berpelukaaannn.. Menjelang jam 4 subuh, rasa pengen poop makin kenceng. Pergi ke toilet, ternyata ada percikan darah segar di kloset. Ya Allah, takutnya.. Ngeri melihat darah. Tapi masih bisa balik tidur lagi doong..

Tanggal 14 pagi, bangunin si Mas buat nemenin jalan pagi. Sesekali sakit kontraksi datang, belum teratur jaraknya. Rute jalan cukup jauh, sekitar 2km bolak-balik. kalo kontraksi dateng adegan remes-meremes tangan suami pun berlangsung. Redho ga redho, tetap daku kacak! Seharian, kontraksi datang dan pergi. Masih bisa terlelap buat bobo ciang. 

Malem, abis Maghrib kontraksi terpantau mulai teratur. Siap-siap ke RS. Dirgahayu. Naik motor sajah, sakit mulai aduhai. Ga sanggup memandang orang-orang sepanjang jalan, emosi aja udah bawaannya! Check-in di pavilyun Gemma, khusus bersalin. Surat rekomendasi dari dr. Handy SPOG diserahkan ke bidan yang menerima kami. Eh, ga sampe 15 menit, dr. Handy muncul di ruangan observasi. Dok, bukannya lagi praktek jam-jam segini?? 

Cek bukaan dengan Periksa Dalam. Ouchhh! Langsung mau nendang dr. Handy dah rasanya.. Dengan sakit yang mulai menggila, daku mengira sudah bukaan 5 setidaknya. Tapi ternyata.. baru bukaan 1!! Aww, ga kebayang bukaan 1 udah sakit pengen jingkrak-jingkrak, gimana bukaan 8,9,10...??!! Disarankan tetap di rumah sakit. Baiklah.

Ber-piss ria ..


Menginaplah kami berdua di ruangan observasi. Kalo mau mengikuti, udah mau jejeritan. Tapi bertahan dengan menggenggam pinggiran ranjang. Mengalirkan rasa sakit ke benda mati. Mengaduh-aduh sambil beristighfar. Semakin malam, mata mengantuk. Kontraksi hilang, tidur beberapa saat. Kontraksi datang, mari berkejang-ria melawan rasa sakit. Suami ikut berjuang bersama-sama, kesian juga tangan beliau habis daku remas dengan ganas setelah capek menggenggam pinggiran ranjang. 

Feeling, perjuangan masih akan sangat lama, maka daku biarkan suami tidur di sofa yang ada di ruang tunggu. Sekitar jam 2 dini hari, Tussss! basah menggenang di sarung yang daku pakai. Ketuban sudah pecah. Bidan jaga ngecek bukaan, dengan Periksa Dalam lagi. Bukaan 3, katanya. Baiklah.

Kebosanan melanda. Minta perawat bangunin si Mas, pengen jalan-jalan. Berjalanlah kami di subuh buta, menyusuri koridor pavilyun sampe ke lapangan parkir. Kalo sakit datang, daku peluk si Mas. Air mata sudah menitik. Sampe terdengar azan sholat Subuh baru kembali ke kamar.

Waktu berjalan, tanggal 15 sudah. Bukaan masih 3. Jam 6 pagi, daku gagahkan mandi karena badan terasa lengket karena keringat. Ruangan ada kipas angin di plafon, tapi ga ngefek tuh.. Mandi penuh perjuangan. Kalo sakit datang, meringkuk berpegangan di toilet. Dingin pulak airnya. Jadi menggigil antara karena sakit kontraksi dan kedinginan, hehe..

Selesai mandi dan ganti baju yang bersih. Terasa segar sedikit, sakit masih menggigit. Si Mas keliatan lelah, jadi daku persilahkan pulang untuk istirahat di rumah karena sebentar lagi Ibuku bakal datang. Daku masih bertahan dengan rasa sakit. Bukaan ga nambah-nambah juga. Kanan-kiri sudah pada melahirkan. Ada yang baru datang sudah sukses brojol. Tambah keki ah!! Giliranku kapaaaannnn...

0 komentar:

Our Wedding

Our Adorable Princess